Normalisasi Saluran Irigasi DI Temon


Created At : 2021-10-06 00:00:00 Oleh : ADI TRI WAHYU Berita / Artikel Dibaca : 199


Man teman DPUPR Kabupaten Magelang pada tanggal 30 September sampai dengan 2 Oktober 2021 yang lalu DPUPR Kab Magelang melalui Bidang Pengairan melasanakan kegiatan normalisasi saluran DI Temon di Dusun  Ngleter Desa Tlogorejo Kecamatan Grabag.

Apakah normalisasi itu ? menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), normalisasi adalah  tindakan menjadikan normal (biasa) kembali; tindakan mengembalikan pada keadaan, hubungan, dan sebagainya yang biasa atau yang normal.

Begitu juga normalisasi saluran irigasi yang dilaksanakan oleh Bidang Pengairan DPUPR Kabupaten Magelang adalah sebuah upaya untuk mengembalikan keadaan saluran yang saat ini penuh dengan gragal yang mengakibatkan pengendapan , pengurangan ketercakupan volume air yang mengalir, berpotensi mengakibatkan banjir akibat luapan air yang mengalir dan terganggunya aliran air irigasi menjadi normal lagi sesuai fungsinya yaitu dengan kegiatan pengerukkan gragal yang ada di sepanjang saluran irigasi DI Temon.


Pada Normalisasi yang dilaksanakan ini panjang saluran yang dikerjakan yaitu 300 m, dengan menggunakan alat berat milik DPUPR Kabupaten Magelang.


Antusias dan respon positif ditunjukan oleh warga setempat terhadap kegitan ini, diantaranya para warga secara sukarela membantu dalam mengangkut gragal yang telah dikeruk oleh alat berat dengan menggunakan kendaraan yang disediakan oleh warga setempat.

Tidak hanya angkutan untuk membawa gragal, tetapi warga setempat juga merelakan lahan mereka di sekitar lokasi untuk dijadikan tempat pembuangan gragal tersebut.



Setelah tiga hari pelaksanaan normalisasi saluran ini dilaksanakan kini saluran irigasi DI Temon di Dusun  Ngleter Desa Tlogorejo Kec.Grabag telah bisa mengalirkan air tanpa hambatan dan resiko luapan air yang berakibat banjir apabila terjadi kenaikan volume air bisa dicegah.



Terus Bersinergi & Tetap Semangat Teman teman DPUPR Kabupaten Magelang.

GALERI FOTO

Agenda

Forum Perangkat Daerah DPUPR Kab Magelang
Kamis, 11 Februari 2021