Ciptakan Air Mengalir Tanpa Hambatan 3 Hari Menuju Hari Air Sedunia


Created At : 2021-03-19 00:00:00 Oleh : ADI TRI WAHYU Berita / Artikel Dibaca : 261



Man teman DPUPR Kab Magelang , apakah tahu tanggal 22 Maret besok itu adalah Hari Air Sedunia ?, kalo belum pada tahu atau lupa ini ada ulasan singkat sejarah Hari Air Sedunia bahasa Inggrisnya World Water Day yang DPUPR Kab Magelang dapatkan dari sejarah.id

Ide peringatan ini secara resmi diumumkan pada acara Sidang Umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada tanggal 22 Desember 1992 di Kota Rio de Janeiro, Brazil.

PBB bersama anggotanya termasuk negara Indonesia memutuskan Hari Air Dunia jatuh pada tanggal 22 Maret dan mulai diperingati sejak tahun 1993 serta mempromosikan peringatan tersebut melalui kegiatan-kegiatan yang nyata.

Mengapa Hari Air Sedunia Diperingati?

Dengan berbagai permasalahan tentang air yang dialami dunia saat ini, telah mendorong kesadaran dan kepedulian masyarakat betapa perlunya upaya bersama untuk secara bersama-sama memanfaatkan dan melestarikan sumber daya air secara berkesinambungan.

Peringatan Hari Air Dunia ini sebagai sarana untuk memupuk semangat dalam melaksanakan agenda pelestarian sumber daya air. Air merupakan komponen utama adanya kehidupan di dunia ini, sehingga mari hargailah air dengan tidak sak geleme dewe (semena-mena) dimanapun air itu berada.

Sebagai contoh kecil, tidak menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan sampah atau limbah. Hematlah air sesuai dengan kebutuhan karena di belahan dunia lain kemungkinan masih banyak masyarakat yang kekurangan air bersih.

Di DPUPR Kab Magelang sebagai instansi teknis di Pemerintah Kabupaten Magelang ada satu bidang yang menangani masalah air yaitu bidang pengairan.

Pada peringatan hari air sedunia ini DPUPR Kab Magelang Bidang Pengairan juga berpartisipasi dalam peringatan ini, meski kegiatan ini sudah rutin tapi ada semangat tersendiri yang dilaksanakan oleh Bidang Pengairan.

Hari ini 19 Maret 2021 atau 3 hari menuju Hari Air Sedunia  bidang Pengairan DPUPR Kab Magelang membersihkan dan melaksanakan penataan tanggul irigasi juga normalisasi Sal. Dawung B di Dusun Sobo Desa Girirejo Kec. Tegalrejo.


Sebagai salah satu bentuk menjaga produktifitas air seperti fungsinya untuk kebutuhan mengaliri sawah pertanian yang tentu saja hasil pertanian akan berdampak pada kelansungan hidup masyarakat.

 Mari Man Teman DPUPR Kab Magelang kita selalu menjaga dan memanfaatkan air sebagaimana mestinya untuk menjaga kelangsungan hidup kita di masa masa mendatang.

Tetap Semangat Tetap Bersinergi.



GALERI FOTO

Agenda

Forum Perangkat Daerah DPUPR Kab Magelang
Kamis, 11 Februari 2021